Pages

Ads 468x60px

Thursday, August 30, 2012

Prediksi Soal Tes CPNS Kemenkumham 2012


Prediksi Soal Tes CPNS Kemenkumham SMA / Perkiraan Soal Tes CPNS Kemenkumhan SMA - Tanggal 8 September 2102, merupakan tanggal tes tertulis  CPNS secara umum tahun ini, termasuk dalam seleksi CPNS pada lingkup Kemenkumham. Lebih 1 juta pendaftar di seluruh Indonesia akan bersaing memperebutkan 2.879 Pegawai negeri sipil. Yach persaingan memang ketat, namun jika anda sudah punya rezeki untuk tembus menjadi PNS Kementerian Hukum dan HAM tahun ini, niscaya rejeki itu tidak akan kemana.
Tapi apakah anda hanya mendaftar lalu “diam” tanpa ada usaha???, tentu saja jika anda ingin lulus PNS kemenkumham 2012. Tahun ini tes tertulis PNS pada umumnya  akan memuat materi sebagai berikut:
soal cpns kemenkumham 2012
Tes Kompetensi Bidang
Tes kompetensi Bidang  atau TKB dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan/atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan. Dalam menyusun materi soal TKB harus disesuaikan dengan formasi jabatan atau pekerjaan. Dengan demikian, materi soal TKB untuk jabatan yang satu berbeda dengan jabatan yang lain. Lembaga menetapkan soal TKB untuk lowongan formasi jabatan fungsional tertentu berdasarkan materi ujian yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu.
Tes Kompetensi Dasar
    Tes Kompetensi Dasar terdiri atas:

  • Tes Pengetahuan Umum (TPU). Tes Pengetahuan Umum (TPU) adalah sebuah tes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang dalam hal wawasan yang bersifat umum, seperti wawasan sejarah, wawasan pemerintahan tata negara, dll. Tes TPU ini adalah salah satu tes yang diujikan dalam soal tes CPNS.
  • Tes Bakat Skolastik (TBS). Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Tes ini juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang. Tes bakat skolastik ini sebenarnya adalah adopsi dari tes SAT (Scholastic Aptitude Test) yang sudah menjadi standar ujian masuk Perguruan Tinggi di Amerika dan dunia. Di Indonesia, tes ini telah menjadi tes standar soal cpns (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan ujian masuk Perguruan Tinggi, maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya. Tes Bakat Skolastik (TBS) ini juga dikenal dengan nama lain Tes Potensi Akademik (TPA). Meskipun keduanya sama, lebih banyak instansi yang justeru menggunakan istilah TPA daripada istilah TBS.
  • Tes Skala Kematangan (TSK). Tes Skala Kematangan adalah sebuah tes psikologi atau soal psikotes yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, Tes Skala Kematangan merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness. Para psikolog yang mengembangkan Maturity Test ini antara lain Dr. Robert Epstein, seorang psikolog Amerika yang meraih gelar PhD bidang Psikologi dari Universitas Harvard pada tahun 1981. Epstein adalah profesor dan peneliti psikologi, yang mendirikan Cambridge Center for Behavioral Studies di Massachusetts Amerika. Epstein juga merupakan peneliti dan Profesor pada California School of Professional Psychology, sekaligus mengajar di National University, Boston University, the University of Massachusetts at Amherst, the University of California San Diego, dan the HAL College of Technology and Design.
Bila anda ingin secara detail mendalami tes soal CPNS kemenkumhan terbaru 2012, silahkan membeli kumpulan soal dan prediksi test CPNS terbaru 2012 kemenkumham pada link dibawah ini:

Klik Disini

Demikianlah artikel mengenai prediksi soal Tes CPNS kemenkumhan 2012, semoga artikel ini dapat memebrikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[ps]

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...